karyajurnal.com

media online

Kemendag Gelar Kegiatan Adaptasi Pengembangan Produk Ekspor di Sulawesi Utara

Adaptasi Pengembangan Produk Ekspor

 

KARYAJURNAL.COM – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi pembicara pada kegiatan Adaptasi Pengembangan Produk Ekspor dengan tema “Peluang Peningkatan Ekspor Sulawesi Utara ke Pasar Global” yang berlangsung di Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Senin (12 Feb).

Wamendag Jerry mengatakan bahwa daya saing produk ekspor merupakan kunci utama dalam menjangkau pasar global. Oleh karenanya, Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada para eksportir Indonesia melalui berbagai program dan inisiatif. Dengan demikian, produk Indonesia dapat bersaing dan dapat memenuhi permintaan di pasar global.

Dalam hal peningkatan daya saing dan keberterimaan produk ekspor Indonesia di pasar global, Kementerian Perdagangan memiliki program pendampingan pengembangan produk melalui dukungan fasilitasi tim ahli (expert) dan fasilitasi sertifikasi. Sementara dalam hal perluasan pasar ekspor, Kementerian Perdagangan memberikan fasilitasi promosi dagang di luar negeri, pameran dagang, serta misi dagang yang dapat diikuti oleh pelaku usaha ekspor.

Lebih lanjut, Wamendag menyampaikan perlunya terus mendorong diversifikasi pasar tujuan ekspor, termasuk mendorong diversifikasi produk ekspor guna meningkatkan daya tarik konsumen global.

Pada kesempatan ini, Wamendag mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan peluang pasar ekspor di negara mitra dagang dengan tetap mengedepankan daya saing produk melalui kualitas dan keberlanjutan produk, serta keberterimaan di pasar tujuan ekspor. Selain itu, pelaku usaha diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran produk dengan memanfaatkan peluang pasar ke luar negeri.

Kegiatan Adaptasi Pengembangan Produk Ekspor ini merupakan salah satu upaya Kemendag dalam rangka perluasan pasar ekspor melalui pengembangan produk sesuai tren permintaan global. Pada kegiatan ini juga disampaikan peta posisi produk Indonesia terhadap permintaan global. (red/rls)

 

Baca Juga :

Wamendag Jerry jadi Pembicara pada Diseminasi Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif

Sumber ; Humas Kemendag RI