karyajurnal.com

media online

Wamendag RI dalam ASEAN Investment Forum 2023

ASEAN Investment Forum 2023

Wamendag RI dalam ASEAN Investment Forum 2023

Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Jerry Sambuaga menjadi narasumber dalam ASEAN Investment Forum 2023 yang berlangsung di Jakarta, Minggu (3 Sep).

Untuk menghadapi tantangan ekonomi global, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan ASEAN harus memperkuat kolaborasi antaranggota ASEAN dan Mitra Dialog ASEAN. Intensitas interaksi dan kolaborasi anggota ASEAN akan menghilangkan hambatan perdagangan secara internal dan memperkuat posisi ASEAN di kawasan dan global sehingga diharapkan mampu menjawab tantangan perekonomian global saat ini.

Menurut Wamendag RI, untuk menghadapi tantangan ekonomi global, ASEAN harus memperkuat kolaborasi antaranggota ASEAN dan mitra dialog ASEAN.

Wamendag RI menambahkan, intensitas interaksi dan kolaborasi anggota ASEAN akan menghilangkan hambatan perdagangan secara internal dan memperkuat posisi ASEAN di kawasan dan global, sehingga diharapkan mampu menjawab tantangan perekonomian global saat ini.

Wamendag RI mencatat, salah satu hambatan potensial dalam upaya menyederhanakan kebijakan negara anggota ASEAN mungkin berasal dari tahapan pembangunan ekonomi dan industri yang berbeda. Namun, untuk mencapai perekonomian daerah yang sangat terintegrasi dan kohesif, dibutuhkan masyarakat yang berketahanan dan inklusif yang kemudian melahirkan pemerataan pembangunan dan pertumbuhan inklusif.

ASEAN Investment Forum 2023 bertujuan untuk mempromosikan dan menyoroti kemajuan besar dan potensi kawasan ASEAN sebagai permata bagi peluang investasi dan pusat talenta.

Turut hadir narasumber lainnya, yaitu Co-Founder and Chief Executive Officer of Kredivo Group, Akhsay Garg; Director for Trade, Investment, and Innovation Division of UNESCAP, Rupa Chanda serta dimoderatori Direktur Eksekutif EU-ASEAN Business Council, Chris Humphrey. (BKT)

 

Baca Juga “Hadiri The 1st Asian Statespersons’ Forum, Wamendag Dorong Generasi Muda Optimalkan Transformasi Ekonomi Digital