karyajurnal.com

media online

Asian Games 2023, Menteri Basuki Targetkan Perolehan 12 Medali Emas

Asian Games 2023

 

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Chef de Mission (CdM)/Ketua Kontingen Asian Games 2023 bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyaksikan Pengukuhan Tim Indonesia pada Asian Games ke-19 Hangzhou 2022 Tahun 2023.

Pengukuhan dilakukan di kantor Kementerian PUPR dipimpin oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari pada Selasa (19/9/2023).

Cabang Olah Raga yang Mengikuti

Dalam sambutannya, Menteri Basuki sebagai CdM Asian Games 2023 mengatakan bahwa Tim Indonesia mengikuti 30 cabang olahraga, 41 disiplin dan 202 nomor pertandingan, dengan melibatkan 33 federasi nasional, dengan target perolehan medali emas sebanyak 8-12 medali dan menempati peringkat 12.

“Kontingen Indonesia terdiri dari atlet sejumlah 235 atlet putra dan 178 atlet putri, sehingga total 413 orang atlet, ofisial 135 orang, serta dibantu Tim CdM Headquarter sejumlah 31 orang dan didukung juga oleh Tim Rumah Indonesia sejumlah 22 orang yang akan bertugas di Hangzhou,” kata Menteri Basuki.

Dikatakan Menteri Basuki, jadwal keberangkatan Kontingen secara bertahap mulai 16 September sampai dengan 3 Oktober 2023, dan kembali secara bertahap ke tanah air paling akhir 9 Oktober 2023.

“Hingga saat ini, sejak tanggal 16 September 2023 sebagian anggota Kontingen telah diberangkatkan, yaitu sebanyak 5 cabor (seperti cricket, football, beach volleyball, indoor volleyball, modern pentathlon) sementara 8 cabor lainnya sudah sebelumnya mendahului untuk mengikuti traning center di luar negeri, termasuk di RRT (seperti rowing, canoe, judo, taekwondo, wushu, atletik, cycling BMX, dan archery),”kata Menteri Basuki.

Jadwal Pembukaan Asian Games ke 19

Menteri Basuki mengatakan, Tim Indonesia dijadwalkan mengikuti pembukaan Asian Games ke 19 Hangzhou yang akan diwakili oleh 100 atlet serta petugas dan dipimpin oleh Chef de Mission pada tanggal 23 September 2023 dan akan mengikuti upacara penutupan Asian Games ke 19 Hangzhou pada tanggal 8 Oktober 2023.

Sementara Menpora Dito dalam sambutannya berharap para atlet berjuang penuh dedikasi selama di Asian Games 2023. Dalam hal ini pemerintah akan mendukung penuh perjuangan atlet.

“Berjuanglah, bertandinglah dengan penuh sportivitas. Asian Games ini akan menjadi jembatan untuk wakil Indonesia tampil di Olimpiade. Saya ingin mengingatkan, untuk mengejar medali emas jangan menyerah hingga menggapainya. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya kukuhkan kontingen Indonesia,” ucap Menpora. (RIS)

 

Baca Juga “Kementerian PUPR Dorong Penyerapan Tenaga Kerja Konstruksi yang Terlatih dan Bersertifikat