karyajurnal.com

media online

BP3MI DKI Jakarta Turut Berpartisipasi dalam Bursa Kerja Tahap II Tahun 2023

Foto BP3MI DKI Jakarta

BP3MI DKI Jakarta turut Berpartisipasi dalam Bursa Kerja Tahap II Tahun 2023

Jakarta, BP2MI (27/07) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) DKI Jakarta turut berpartisipasi dalam Bursa Kerja Tahap II Tahun 2023 di wilayah Jakarta Selatan pada 25 s/d 26 Juli 2023. Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta bertempat di ITC Kuningan Jalan Prof. DR. Satrio, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Dibuka secara langsung oleh Kepala Disnakertransgi, gelaran ini dihadiri oleh Plt. Kepala BP3MI DKI Jakarta yang diwakili oleh Tim Kelembagaan dan Penyebarluasan Informasi. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala Disnakertransgi Provinsi DKI Jakarta, Hari Nugroho menjelaskan bahwa ntuk mengatasi masalah pengangguran, Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta perlu melakukan suatu upaya yang berdampak kepada masyarakat atau pencari kerja, yaitu salah satunya adalah melalui kegiatan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) yang dilaksanakan oleh Suku Dinas Tenaga, Transmigrasi dan Energi Kota Administrasi Jakarta Selatan.

“Pelaksanaan Pameran Bursa Kerja (Job Fair Tahap II) di Wilayah Jakarta Selatan Tahun 2023 ini melibatkan 40 perusahaan yang membuka lowongan kerja di DKI Jakarta dan sekitarnya, khususnya Wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan. Pada kegiatan bursa kerja tahap II ini terdapat total 2.152 lowongan jabatan”, ungkap Hari, Rabu (26/7/2023).

Pameran Bursa Kerja (Job Fair)

Hari menambahkan, kegiatan ini menargetkan 3000 pencari kerja (pencaker) yang akan hadir serta diharapkan seluruh lowongan kerja yang tersedia dapat diisi oleh pencari kerja yang hadir sehingga secara langsung dapat mengurangi jumlah pengangguran di Provinsi DKI Jakarta khususnya di Wilayah Jakarta Selatan. Kegiatan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) Tahap II ini juga diikuti oleh kegiatan Bazaar dengan peserta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Pelaksana Tugas Kepala BP3MI DKI Jakarta, Tri Cahyo Atmojo menjelaskan bahwa BP3MI DKI Jakarta sebisa mungkin berkolaborasi dan ambil bagian pada setiap kegiatan bersama instansi lain guna penyebarluasan informasi peluang kerja khususnya ke luar negeri.

“Kami berupaya berkolaborasi dengan instansi lain salah satunya untuk penyebarluasan informasi peluang kerja ke luar negeri melalui kegiatan Bursa Kerja (Job Fair ini)”, jelasnya.

Tri Cahyo menuturkan, informasi peluang kerja ke luar negeri merupakan salah satu hak yang dapat diterima oleh Calon Pekerja Migran Indonesia atau Pekerja Migran Indonesia, hal ini tertuang pada Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan pasal 6 huruf C.

“Setiap Calon Pekerja Migran Indonesia atau Pekerja Migran Indonesia memiliki hak memperoleh informasi yang benar mengenai pasar kerja, tata cara penempatan, dan kondisi kerja di luar negeri”, tutupnya

Para Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi 5 (lima) Wilayah Kota Administrasi dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Camat Kecamatan Setiabudi, Lurah Kelurahan Karet Kuningan, Para pimpinan perusahaan peserta kegiatan Bursa Kerja, dan para undangan dan peserta kegiatan Bursa Kerja (Job Fair).(Red/Humas/timmediabp3mijkt/pw)