karyajurnal.com

media online

Wamendag Jerry jadi Pembicara pada Diseminasi Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif

Diseminasi Pengembangan Ekspor Jasa

 

KARYAJURNAL.COM – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi pembicara pada Diseminasi Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif dengan tema “Peluang Pasar Global Melalui Kemasan Siap Ekspor” yang berlangsung di Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Jumat (9 Feb).

Wamendag Jerry mengatakan bahwa untuk meningkatkan ekspor, diperlukan strategi komprehensif yang meliputi diversifikasi produk ekspor, peningkatan kualitas dan daya saing produk, serta perluasan pasar ekspor ke negara-negara nontradisional. Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada eksportir Indonesia melalui berbagai program dan inisiatif.

Sementara, untuk meningkatkan ekspor barang nonmigas yang memiliki nilai tambah dan daya saing, Kementerian Perdagangan terus berusaha membantu pengusaha dengan membuka akses pasar melalui kerja sama perundingan perdagangan di forum internasional. Tujuannya untuk mencapai penyelesaian perjanjian perdagangan internasional, seperti PTA/FTA/CEPA atau persetujuan perdagangan lainnya.

Lebih lanjut, Wamendag Jerry menekankan pentingnya memperluas peluang ekspor ke negara-negara yang telah berhasil kita buka akses pasarnya. Dalam upaya meningkatkan ekspor, penting bagi pelaku udaha untuk selalu berupaya meningkatkan nilai dan fungsi suatu produk, sehingga siap menghadapi persaingan di negara-negara pasar ekspor.

Peningkatan daya saing produk Indonesia, salah satunya melalui penggunaan kemasan siap ekspor, merupakan kunci keberhasilan dalam mengembangkan ekspor. Melalui kegiatan ini, Kementerian Perdagangan berupaya memberikan informasi dan dukungan kepada para pemula di dunia ekspor, sehingga mereka dapat memaksimalkan peluang pasar-pasar baru yang berpotensi tinggi.

Wamendag mengajak semua pihak yang hadir, terutama para pelaku usaha pemula, untuk bersama-sama mendukung program Kementerian Perdagangan dalam mengoptimalkan upaya serta sumber daya untuk meningkatkan ekspor Indonesia. (ZON/RLS)

 

Baca Juga :

Tinjau Pameran Pangan Nusa, Wamendag Jerry: Saatnya Promosikan Kuliner Nusantara ke Kancah Dunia