karyajurnal.com

media online

Telah Tiba, Cook Islands jadi Tamu Pertama KTT ke-43 ASEAN  

KTT ke-43 ASEAN  

Telah Tiba, Cook Islands jadi Tamu Pertama KTT ke-43 ASEAN

Jakarta – Para tamu undangan  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) mulai berdatangan di Jakarta.

Undangan pertama adalah Perdana Menteri (PM) Cook Islands, Mark Brown yang tiba sekitar pukul 20.00 WIB di  Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (3/9/2023) malam. Selepas turun dari pesawat, PM Mark Brown mendapat penyambutan kenegaraan.

Kedatangan Mark Brown disambut oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyant dan PJ Gubernur Banten Al Muktabar.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi mengatakan, Cook Islands diundang karena posisinya sebagai  Ketua Pacific Island Forum (PIF). Indonesia perlu menyebarkan informasi roadmap kerja sama antara negara ASEAN dengan Indo -Pasifik.

Diketahui, total ada 22 negara yang hadir, ada 11 negara ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Kemudian, ada sembilan negara yang mitra yang diundang di antaranya Republik Korea, India, Jepang, RRT, New Zealand, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat (AS).

Dengan tambahan dua negara lagi yakni, Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Cook Islands sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF).

Indonesia juga akan mengundang organisasi internasional persatuan bangsa-bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum, IORA, dan PIF.

Tema Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 yakni “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Melalui tema tersebut, Indonesia ingin memastikan bahwa ASEAN tidak sebatas organisasi yang berperan bagi kawasan, tapi juga untuk dunia.

Presiden RI Joko Widodo akan membuka KTT ke-43 ASEAN, sekaligus memimpin 12 pertemuan. Rangkaian pertemuan tersebut adalah KTT ke-43 dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat. (RED)

 

Baca Juga “Kunjungan Perdana ke Tanzania, Presiden Jokowi ajak Presiden Samia Perkuat Solidaritas