karyajurnal.com

media online

Biro Humas Kemendag Raih Penghargaan Media Relations Award 2023 Kategori ‘Press Release’

Media Relations Award

 

Denpasar – Kementerian Perdagangan melalui Biro Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal meraih ‘Bronze Winner’ dalam Media Relations Award (MRA) 2023 untuk kategori ‘Press Release’ dari Serikat Pekerja Pers (SPS). Penghargaan ini menujukkan kinerja Biro Humas Kementerian Perdagangan dalam memberikan informasi dalam bentuk siaran pers yang didistribusikan melalui media massa untuk dipublikasikan kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat luas.

Penghargaan diserahkan Ketua SPS Januar P Ruswita dan diterima secara langsung oleh Kepala Biro Humas Kemendag Ani Mulyati di rumah jabatan Gubernur Bali di Denpasar, Bali, Jumat, (11/8). MRA 2023 menjadi acara puncak rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 SPS tahun ini yang mengusung tema “Transformasi Media Untuk Bangkit Bersama”.

Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto menyambut gembira prestasi yang diraih Biro Humas Kemendag. “Saya sangat senang atas capaian yang diterima Kementerian Perdagangan ini. Tentunya ini merupakan bukti dari komitmen kami dalam memberikan informasi mengenai kinerja, program, kebijakan, peraturan, dan kegiatan yang dilakukan Kementerian Perdagangan, salah satunya dalam bentuk siaran pers yang disampaikan ke media massa,” kata Suhanto dalam kesempatan terpisah.

Suhanto menegaskan, Kementerian Perdagangan terus berkomitmen dalam memberikan informasi. “Kami akan terus menyampaikan informasi di sektor perdagangan, serta tentunya menjaga hubungan baik dengan media massa sebagai mitra Kementerian Perdagangan dalam mempublikasikan informasi tersebut,” jelas Suhanto.

Ani juga menyampaikan syukur atas penghargaan tersebut. Penghargaan tersebut membuktikan kepercayaan media massa terhadap Kementerian Perdagangan. “Kami berterima kasih dan mendedikasikan penghargaan ini untuk seluruh pegawai Kementerian Perdagangan. Penghargaan ini membuktikan kepercayaan media massa terhadap Kemendag. Kami akan menjaga kepercayaan tersebut,” tutur Ani.

Ani menambahkan, siaran pers menjadi produk penting dalam menyampaikan informasi kepada rekan-rekan jurnalis. Dengan begitu, masyarakat mendapat informasi akurat terkait kebijakan pemerintah melalui media massa.

“Pemerintah berkomitmen untuk mendiseminasi kebijakan kepada masyarakat melalui berbagai saluran. Salah satunya, memastikan masyarakat mendapatkan informasi akurat terkait kebijakan pemerintah dalam bentuk siaran pers yang kami distribusikan kepada insan pers,” kata Ani.

Bagi Ani, hubungan pemerintah dan media bersifat timbal-balik dan mutualisme. Pemerintah membutuhkan media massa dan sebaliknya. Media massa dapat menjadi penghubung antara pemerintah dan masyarakat. “Pemerintah terbantu dengan kerja media massa yang mengomunikasikan kebijakan dan kinerja pemerintah. Fungsi kontrol memberi masukan dan kritikan juga membantu jalannya pemerintahan,” jelas Ani.

Sebelumnya, Biro Humas Kementerian Perdagangan juga menerima penghargaan E-Magazine Awards dari SPS pada Maret 2023 silam.

Adapun Ketua SPS Januar P Ruswita menekankan urgensi kolaborasi pemerintah dan pelaku usaha dengan media. “Sulit membayangkan negara tanpa kehadiran media. Media arus utama tetap diperlukan, terlebih di tengah banjir informasi dan belantara hoaks. Informasi yang disajikan media arus utama dapat menjadi rujukan bagi pemerintah dan masyarakat umum,” jelas Januar.

Media Relations Awards SPS

MRA adalah sebuah ajang kompetisi yang mengapresiasi kinerja korporasi/institusi di bidang media relations. Di tahun pertama penyelenggaraan, MRA menghadirkan beberapa kategori kompetisi yang mencakup kategori penulisan dan non-penulisan. Seluruh entri yang dikompetisikan telah dinilai Dewan Juri yang prominen di bidang hubungan masyarakat dan media pada 13–14 Juni 2023 lalu.

MRA menjadi barometer untuk mengukur kinerja hubungan media sepanjang satu tahun. Kompetisi terbuka bagi perusahaan swasta, BUMN, anak usaha BUMN, BUMD, pemerintah daerah, lembaga, kementerian, perguruan tinggi, dan agensi. MRA tahun ini menghadirkan empat kategori, yaitu Press Release, Media Gathering, Press Conference, Media Special Program.

MRA digelar Serikat Perusahaan Pers (SPS) sebagai organisasi perusahaan pers tertua di Indonesia, yang berdiri sejak 8 Juni 1946. SPS menilai, kompetisi MRA penting untuk dilaksanakan. Menurutnya, terciptanya relasi yang baik dan sehat antara media dan korporasi/institusi dapat berkontribusi dalam membangun citra dan reputasi positif negeri ini. (BKT)

 

Baca juga: “Berperan Strategis dalam Pilar Ekonomi, Kemendag Dorong Kolaborasi untuk Capai Prioritas Ekonomi