karyajurnal.com

media online

Kembangkan Potensi Pariwisata, BSKDN Kemendagri Dukung Pemkab Kepulauan Sangihe

mengembangkan potensi pariwisata

 

JAKARTA – Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk mengembangkan potensi pariwisata berbasis budaya lokal berupa pengembangan desa wisata. Hal tersebut diungkapkan Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo saat menerima kunjungan Pemkab Kepulauan Sangihe di Ruang Video Conference BSKDN, Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Yusharto menekankan pentingnya memperkuat pariwisata dengan memanfaatkan kekayaan budaya lokal. Pasalnya, selain memiliki daya tarik yang luar biasa, perkembangan pariwisata juga akan berdampak langsung terhadap masyarakat sekitar sebagai salah satu unsur yang dilibatkan.

“Masyarakat perlu dilibatkan untuk memahami bagaimana cara mengelola homestay yang menarik bernuansa budaya lokal misalnya, ini juga potensi. Sehingga ada porsi yang benar-benar masyarakat itu bisa merasakan manfaat dari pengembangan desa wisata,” jelas Yusharto.

Tidak hanya kemudahan akses informasi dan tempat wisata, Yusharto juga mengimbau agar Pemkab Kepulauan Sangihe memastikan kualitas dan kenyamanan fasilitas di tempat wisata.

Lebih lanjut, Yusharto juga mengingatkan tentang pentingnya strategi promosi wisata yang optimal. Menurutnya, Pemkab Kepulauan Sangihe dapat memanfaatkan media sosial sebagai media promosi.

“Media publikasi harus juga diperhatikan, libatkan influencer untuk mengenalkan pariwisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe terutama 21 desa wisata yang sudah ada, apa yang menarik dari sana yang orang harus tahu, publikasikan secara optimal,” imbuhnya.

Yusharto mengimbau Pemkab Kepulauan Sangihe untuk melakukan kerja sama pengembangan pariwisata dengan berbagai pihak, baik pemerintah, akademisi, maupun swasta. Kerja sama tersebut akan menjadikan pariwisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe semakin berkualitas. Ia juga yakin, melalui cara itu akan membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung.

“Kami berharap semoga ke depan pariwisata di Kabupaten Kepulauan Sangihe dapat semakin dikenal secara luas, kunjungan wisatawan akan semakin meningkat, dan masyarakat akan semakin merasakan manfaatnya,” pungkasnya. (BKT)

 

Baca Juga “BSKDN Kemendagri Segera Uji Coba Penilaian Kota Bersih di Daerah”

Puspen Kemendagri