karyajurnal.com

media online

Dianggap Memenuhi Persyaratan, Dirjen Perkebunan Andi Duduki Pejabat Gubernur Sulsel

Pejabat Gubernur Sulsel

Dianggap Memenuhi Persyaratan, Dirjen Perkebunan Andi Duduki Pejabat Gubernur Sulsel

Makassar – Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel), Syaharuddin Alrif mengungkapkan pihaknya telah melakukan konsultasi ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) perihal mekanisme pengusulan nama Penjabat Gubernur Sulsel, Pengganti Andi Sudirman Sulaiman. Dari banyaknya putra putri Sulsel yang memiliki kapasitas memenuhi persyaratan, salah satunya Dirjen Perkebunan, Andi Nur Alam Syah yang saat ini menjabat pimpinan tinggi madya di Kementerian Pertanian (Kementan) layak menduduki posisi Pj Gubernur Sulsel.

“Banyak putra-putri Sulsel di pemerintahan pusat yang punya kapasitas memenuhi persyaratan. Salah satunya Direktur Jenderal Perkebunan, Andi Nur Alam Syah, putra asal Pinrang memiliki kapasitas dan kapabilitas serta pengalaman yang mumpuni untuk menjadi Penjabat Gubernur dimasa transisi nantinya. Kita tahu, Sulsel ini daerah lumbung pangan Indonesia Timur, beliau telah banyak terjun, asam garam memajukan pertanian Sulsel,” demikian dikatakan Syaharuddin di Makassar, Selasa (1/8/2023).

Ia menjelaskan memajukan Sulsel tidak cukup dalam pengalaman birokrasi dan politik saja. Namun demikian, Sulsel sebagai sentra pertanian Indonesia Timur, sangat membutuhkan sosok atau figur yang memahami secara holistik birokrasi terutama kemampuanya di sektor teknis yang bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat Sulsel sebagai petani dan pelaku agribisnis.

“Kakaknda Andi Nur Alam sebelum menjabat Direktur Jenderal Perkebunan, cukup lama juga menjadi Direktur Alat dan Mesin Pertanian. Semasa menjabat, sagat mengutamakan kemajuan pertanian Sulsel. Kita bisa lihat, pertanian Sulsel modern saat ini adalah kontribusi nyatanya,” jelasnya.

“Pengalaman di lapangan sosok yang kerja keras. Saat ini tengah membangun sektor perkebunan berbasis korporasi. Tidak lagi di level budidaya, tapi hingga industrialisasi perkebunan untuk menaikkan kelas komoditas. Sosok ini sangat dibutuhkan memajukan Sulsel yang kaya akan hasil buminya untuk dikelola lebih maju agar kesejahteraan masyarakat naik,” pinta Syaharuddin.

Bukti Kinerja Andi Nur Alam Syah

Lebih lanjut Syaharuddin mengemukakan hal penting patut jadi catatan adalah sosok Andi Nur Alam Syah memiliki kemampuan komunikasi dengan berbagai kementerian dan komunikasi politik dengan berbagai stakeholder. Ini terbukti dalam pengemban tugasnya selama Direktur Alsintan dan saat ini sebagai Dirjen Perkebunan.

“Peranya dalam keberhasilan Kementerian Pertanian membangun food estate. Ini berkoordinasi dengan Kementerian PUPR, BUMN dan lainnya. Beliau juga bagus membangun komunikasi politik dengan Komisi IV DPR RI mitra kerja Kementerian Pertanian. Kapabilitas sosok seperti ini sangat dibutuhkan di Sulsel. Mengingat masih banyaknya akselerasi pembangunan fisik di Sulsel yang harus diwujudkan,” tandasnya. (BKT)

 

Baca juga : “Berhasil Tangani Antraks, Mentan SYL Acungi Jempol Pemkab Gunungkidul