karyajurnal.com

media online

BP3MI DKI Jakarta Dampingi Keberangkatan Pekerja Migran Indonesia Skema SP2T Batch I Tahun 2023

BP3MI DKI Jakarta Dampingi Keberangkatan Pekerja Migran Indonesia Skema SP2T Batch I Tahun 2023

Jakarta – BP3MI DKI Jakarta mendampingi keberangkatan Pekerja Migran Indonesia ke Taiwan skema Special Placement Program (SP2T) ke Bandara Internasional Soekarno Hatta, Banten, Selasa (25/05). Sebanyak lima orang dari 14 orang Pekerja Migran Indonesia yang telah lulus pada Seleksi Penempatan Batch I Tahun 2023 berangkat pada hari ini dan sisanya esok hari.

Kelima Pekerja Migran Indonesia tersebut lolos pada ujian seleksi yang diadakan di beberpa unit pelayanan BP2MI diantaranya BP3MI DKI Jakarta, BP3MI Lampung, dan BP3MI Sumatera Selatan masing-masing sebanyak satu orang,  serta BP3MI Jawa Timur sebanyak dua orang. Kelima Pekerja Migran Indonesia ini nantinya akan bekerja pada pengguna Shinkong Textille. Co di Daxi Taiwan. Rencananya, sembilan orang akan berangkat keesokan harinya dengan tujuan Shinkong Textille. Co di Daxi Taiwan dan akan didampingi BP3MI DKI Jakarta untuk keberangkatannya ke Taiwan.

Plt Kepala BP3MI DKI Jakarta, Tri Cahyo Atmojo menjelaskan pihak BP3MI DKI Jakarta berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi Pekerja Migran Indonesia yang berhasil lolos pada seleksi penempatan melalui SP2T.

“Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi seleksi penempatan melalui skema SP2T mulai dari fasilitasi verifikasi dokumen hingga ujian seleksi langsung secara virtual dengan pengguna, Direct Hiring Service Center (DHSC) dan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei serta BP2MI. Pelayanan berlanjut hingga pendampingan keberangkatan ke bandara” tutur Cahyo.

Salah satu Pekerja Migran Indonesia yang berangkat hari ini mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada BP2MI maupun BP3MI di wilayah kerja atas pelayanan yang diberikan kepada dirinya dan rekan-rekan seperjuangannya. “Terimakasih telah membantu dari awal proses kita sampai keberangkatannya”, ungkapnya.

Salah Satu Negara Tujuan

Taiwan merupakan salah satu negara tujuan penempatan yang resmi bagi Pekerja Migran Indonesia. Hal ini tertuang pada Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Nomor 3/258/PK.02.01/VI/2023 Tentang Perubahan Kedua Puluh Satu Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Nomor 3/20888/PK.02.02/VII/2020 Tentang Penetapan Negara Tujuan Penempatan Tertentu Bagi Pekerja Migran Indonesia Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. (Red/Humas)

 

Baca juga : “BP3MI DKI Jakarta Turut Berpartisipasi dalam Bursa Kerja Tahap II Tahun 2023