karyajurnal.com

media online

Menteri PUPR Resmi Tutup Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Tahun 2023 

Pelatihan Kepemimpinan Nasional

 

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara resmi menutup Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Tahun 2023 di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Menteri Basuki mengatakan, dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju 2045, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bisa melakukan perubahan dan percepatan di bidang birokrasi. Karena sekarang sudah bukan zamannya lagi pelayanan dari ASN yang mempersulit, tapi harus cepat dan ringkas.

“Semua ASN harus melayani, kurangi nafsu mengatur. Birokrasi kita ke depan harus cepat, salah satunya dengan digitalisasi. Karena persaingan sekarang bukan antara yang besar dan kecil, tetapi antara yang cepat dan lambat,” kata Basuki.

Tujuan ASN ke Depan

Selain itu, Menteri Basuki juga menekankan agar ASN ke depan harus kolaboratif dan adaptif terhadap perubahan kondisi yang kian cepat.

“Kolaboratif is a must. Tidak ada pekerjaan yang bisa dikerjakan hanya oleh satu orang atau satu unor saja, semuanya harus kerja sama. Kita juga harus adaptif karena kondisi berubah cepat, apalagi tahun depan sudah tahun politik kita harus tetap bekerja dengan kondusif,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Menteri Basuki juga mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang terus memberikan kepercayaan kepada Kementerian PUPR untuk menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan nasional ini.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para widyaiswara dan coach yang telah membimbing para peserta hingga dapat menyelesaikan pelatihan ini dengan baik. Kepada para peserta, sekali lagi saya ucapkan selamat, setelah kembali ke tempat kerja harus ada perubahan di kepemimpinan bapak ibu,” ucapnya.

Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Tahun 2023 diselenggarakan di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah IV Bandung pada 7 Juni – 18 Oktober 2023. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR ini diikuti oleh 29 peserta, terdiri dari 15 peserta dari Kementerian PUPR dan 14 peserta dari sejumlah lembaga mitra Kementerian PUPR.

Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Penyelenggaraan dan Pengembangan Kompetensi ASN Lembaga Administrasi Negara (LAN) Basseng, Kepala BPSDM Kementerian PUPR Khalawi AH, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen BPSDM Kementerian PUPR Moeh Adam, serta para Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian PUPR. (RIS/RLS)

 

Baca Juga “Menteri Basuki Pimpin Parade Tim Indonesia di Penutupan Asian Games Hangzhou