karyajurnal.com

media online

Masih Misterius, Pencabutan Segel Pabrik Pengolahan Limbah Kardus Bekas

Pencabutan Segel Pabrik

Foto Lokasi Pabrik CV Gunadi Putra

 

Jakarta – Hingga kini masih misterius, pencabutan segel pabrik pengolahan limbah kardus bekas yang bernama UD Gunadi Putra yang terkadang disebut dengan CV Gunadi Putra Nusantara yang beralamat di Jl Tanah Merdeka No.10, RT8/RW6, Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, hingga berita ini ditayangkan masih beroperasi dan masih terus menimbulkan polusi pencemaran udara.

Padahal, pada Kamis, 10 Oktober 2019, Satpol PP Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan penghentian dan penutupan tempat usaha CV Gunadi Putra Nusantara yang terletak di Jl Tanah Merdeka, Ciracas, Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut diikuti anggota TNI/Polri, Dishub, Damkar, unsur Kecamatan dan Kelurahan. Kegiatan tersebut dipimpin Kabid PPNS Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, Eko Saptono.

Terhadap Perusahaan tersebut telah dilakukan pemberian sanksi surat peringatan 1, 2 dan 3.

Pelanggaran

Hasil penelitian atas perusahaan tersebut diduga telah melakukan pelanggaran antara lain, pertama, zonasi berada di R9 (Rumah KDB rendah), kedua, bangunan tidak dilengkapi sertifikat laik fungsi (SLF).

Ketiga, tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB), keempat, pencemaran lingkungan dan udara melampaui ambang batas, kelima, belum dapat membuktikan telah melakukan wajib lapor ketenagaan kerjaan dari Kementerian Tenaga Kerja.

Dan, keenam, kualitas jalan tidak sesuai dengan syarat muatan kendaraan dari hasil uji kebisingan yaitu 76,7 dB melebihi mutu 70 dB.

Linkhttps://www.youtube.com/watch?v=ru1YAqjP0dY.

Saat dimintai keterangan dari Pak RT setempat di rumahnya, bahwa dia tidak mengetahui siapa yang mencabut atau membuka segel yang sudah dipasang oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut, Kamis, (24/08) Pukul 19.30 WIB.

“Saya tidak tau siapa yang membuka segel tersbut, langsung aja tanya sama yang punya” ucap Pak RT kepada wartawan.

Dan yang paling anehnya, Pak RT tersebut tidak mengetahui bahwa UD Gunadi Putra tidak memiliki izin dan Amdal.

Dari hasil investigasi dilapangan oleh wartawan media online www.karyajurnal.com, bahwa sampai saat ini UD Gunadi Putra tersebut belum memiliki izin dan amdal. (RED)

 

Baca Juga: “Awasi dan Tindak Pelaku Pencemaran Udara, Satgas Pengendalian Pencemaran Udara KLHK Diterjunkan