karyajurnal.com

media online

Wamendag Jerry: Dorong Generasi Muda Bawa Perubahan Ekonomi Lebih Baik

Foto : Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga

Wamendag Jerry: Dorong Generasi Muda Bawa Perubahan Ekonomi Lebih Baik

Jakarta – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi pembicara pada Konferensi Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan tema Sustainable Infrastructure Towards Indonesia Emas 2045 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Hotel Sheraton Gandaria, Jakarta, Kamis (27 Juli).

Wamendag Jerry menjelaskan bahwa pemerintah terus membangun Proyek Strategis Nasional secara berkelanjutan yang telah memasuki usia delapan tahun sejak pertama kali ditetapkan. Program ini bertujuan untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur guna meningkatkan daya saing serta memacu pertumbuhan ekonomi nasional maupun regional.

Hingga Juli 2023, tercatat pemerintah telah mengakselerasi pembangunan sebanyak 158 PSN dengan total nilai investasi sebesar Rp1.102,6 triliun. Diharapkan keberhasilan program PSN ini akan memberikan dampak signifikan kepada sektor perdagangan, khususnya mengurangi disparitas harga barang antarwilayah.

Wamendag juga menjelaskan bahwa pemerintah melakukan upaya mengurangi disparitas harga antarwilayah melalui program Tol Laut. Tol Laut merupakan salah satu program prioritas pemerintah dalam membangun sektor kemaritiman untuk menggerakkan roda perekonomian secara efisien dan merata.

Pembangunan infrastruktur yang tergabung dalam PSN ini akan meningkatkan pemerataan pembangunan. Selain itu juga akan menjaga stabilitas harga barang, meningkatkan kemudahan ekspor-impor, serta membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memperluas akses pasar, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.

Konferensi Sewindu PSN dihadiri Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto; Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wiayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo; dan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Yohan. (BKT)

 

Baca juga : “Makanan Ringan dan Minuman Indonesia Kembali Tembus Pasar Kanada