karyajurnal.com

media online

Resmikan 3 Jembatan Pengganti Callender Halminton, Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi 

 

TANGERANG – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, meresmikan 3 Jembatan pengganti Callender Hamilton (CH) di Provinsi Banten bertempat di Jembatan Cisadane A dan B, Tangerang, Senin (8/1/2024).

Presiden Jokowi mengatakan penggantian infrastruktur jembatan CH akan melancarkan mobilitas angkutan barang, orang, logistik, serta menekan biaya transportasi, khususnya di Banten.

“Di Pulau Jawa terdapat 37 Jembatan Callender Hamilton yang lokasinya tersebar di beberapa provinsi. Di Banten ada 3 jembatan, di Jawa Barat ada 16 jembatan, di Jawa Tengah ada 9 jembatan, dan di Jawa Timur ada 9 jembatan. Jembatan-jembatan tersebut usianya sudah lebih dari 40 tahun sehingga perlu diganti karena sudah melewati usia layanan sehingga rentan runtuh apabila ada beban logistik yang terlalu berat,” kata Presiden Jokowi. Minggu lalu 9 jembatan CH telah diresmikan di Lintas Selatan dan Lintas Utara Jawa Tengah oleh Presiden Jokowi.

Dikatakan Presiden Jokowi, penggantian tiga jembatan CH di Banten tersebut menelan biaya konstruksi Rp270,5 miliar. “Pertama, Jembatan Cisadane A dan B di Kota Tangerang biaya konstruksinya Rp106,7 miliar, yang kedua jembatan Batuceper Tangerang biaya konstruksinya Rp123,2 miliar, dan terakhir Jembatan Tawing I, Kabupaten Serang, dengan biaya konstruksi Rp40,6 miliar,” kata Presiden Jokowi.

Penggantian/duplikasi 3 jembatan di Banten ini merupakan proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) antara Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga dengan PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha Pelaksana dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) sebagai penjamin.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pekerjaan penggantian/duplikasi jembatan CH melalui skema KPBU merupakan upaya inovasi untuk menjaga layanan jembatan jangka panjang. “Tidak hanya jalan tol dan jalan nasional, jembatan perannya juga penting untuk melayani transportasi, barang maupun manusia. Insya Allah hasilnya sangat baik, sangat memuaskan jika KPBU dikerjakan dengan tepat waktu,” kata Menteri Basuki

Ketiga jembatan yang diresmikan adalah Jembatan Cisadane A dan B sepanjang 110 meter (m) dan lebar 18 m yang membentang di atas Sungai Cisadane persis di jantung Kota Tangerang, serta dekat dengan urat nadi jalur logistik Tol Jakarta – Merak, melalui Pintu Tol Bitung.

Selanjutnya Jembatan Batu Ceper sepanjang 120 meter yang berada di Jalan Raya Daan Mogot, Kota Tangerang. Jalan Daan Mogot merupakan jalan nasional sekaligus jalur vital transportasi dan logistik yang menghubungkan Provinsi Banten wilayah timur (Kota Tangerang) dengan Kota Jakarta.

Kemudian penggantian Jembatan Tawing I sepanjang 45 meter di Desa Karang Suraga, Cinangka, Kabupaten Serang. Kehadiran Jembatan Callender Hamilton yang berada di Jalan Raya Anyer-Sirih ini juga diharapkan dapat meningkatkan akses menuju kawasan pariwisata yang berada di pesisir Barat Banten serta Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Lesung.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja dan Direktur Utama PT. Titian Baja Utama Budi Hartono. (RIS/RLS)

 

Baca Juga “Menteri Basuki Bersama Ketua Komisi V DPR RI Resmikan Jembatan Gantung Kareho