karyajurnal.com

media online

Sekjen Apresiasi Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kemendagri

Sekjen Apresiasi Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kemendagri

KARYAJURNAL.COM, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengapresiasi peningkatan kualitas layanan administrasi Kemendagri. Apresiasi tersebut disampaikannya saat membuka Forum Konsultasi Publik di Harris Vertu Hotel Harmoni, Jakarta, Kamis (20/7).

Diketahui Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kemendagri telah dibentuk sejak 2014 lalu. Pada 2016, unit kerja struktural Kemendagri itu telah memiliki 13 layanan yang dioperasikan secara manual. Jumlah itu kemudian meningkat pesat pada 2023 dengan memiliki sebanyak 33 layanan yang dioperasikan secara online.

Menurut Suhajar, layanan administrasi yang dimiliki Kemendagri juga terbilang bagus. Berdasarkan data dari Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik. Pada tahun 2019 Unit Layanan Administrasi Kemendagri memperoleh predikat sangat baik dengan skor 4.06.

Selain prestasi tersebut, Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi juga memperoleh penghargaan dari Ombudsman dan Sertifikasi ISO. Penghargaan Sertifikasi ISO diraih pada 2015 dan 2016, sedangkan oleh Ombudsman dicapai pada 2021 dan 2022 dengan predikat kepatuhan tinggi.

“Kalau kita lihat grafik, pelayanan administrasi itu tahun 2022 terus meningkat. Layanan konsultasi terbanyak di tahun 2020,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Suhajar menyampaikan terima kasih kepada jajarannya yang telah menorehkan capaian positif tersebut. Apalagi diketahui berdasarkan survei kepuasan masyarakat pada kurun waktu 2019-2023, capaiannya cenderung meningkat pesat. Teranyar, pada 2023 mutu layanan Unit Layanan Administrasi Kemendagri meraih skor 92.03 yang menandakan predikat sangat baik.

Lebih lanjut, Suhajar terus mendorong agar beberapa layanan yang masih memiliki kekurangan untuk dioptimalkan. Hal itu misalnya pada produk layanan Unit Layanan Administrasi Kemendagri, yang terus dipacu agar menjadi lebih baik lagi.

Suhar menambahkan pelayananPeningkatan Kualitas Layanan Administrasi harus memperhatikan, persyaratan, sistem, dan mekanisme prosedur

“Ini yang harus diperhatikan, persyaratan, sistem, mekanisme prosedur sudah bagus. Puas mereka (masyarakat). Waktu pelayanan bagus, puas sekali mereka. Perilaku kawan-kawan yang melayani juga bagus, kemudian sarana dan prasarana kita sudah bagus,” tambahnya.

Suhajar meminta, perbaikan pelayanan di masa mendatang dapat dilakukan secara komprehensif. Bila perlu, perbaikan tersebut dilakukan dengan melibatkan kalangan anak muda yang dinilai lebih memahami kemajuan teknologi. Kemudian perbaikan juga diikuti dengan peningkatan kompetensi pelayanan dan sumber daya manusia (SDM). Dengan upaya itu diharapkan pelayanan yang dihasilkan menjadi lebih andal dan optimal. (BKT)

 

Baca juga “Jelang Pemilu 2024, Mendagri Minta Pj. Kepala Daerah Bersikap Netral