karyajurnal.com

media online

Kemendagri Jelaskan Strategi Mempercepat Pembangunan di Berbagai Wilayah

strategi mempercepat pembangunan

 

KARYAJURNAL.COM – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri Yusharto mengungkapkan berbagai strategi mempercepat pembangunan di berbagai wilayah. Upaya percepatan ini penting untuk memperbaiki ketimpangan antardaerah, termasuk di wilayah timur Indonesia.

Hal itu disampaikan Yusharto secara virtual saat mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2024 bertajuk “Ekspansi Perdagangan sebagai Kunci Pertumbuhan Ekonomi Nusantara yang Inklusif dan Berkelanjutan”, Jakarta, (20/2/2024).

Yusharto menjelaskan, untuk memperbaiki ketimpangan di wilayah timur Indonesia dapat dilakukan dengan memperkuat pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah masing-masing melalui percepatan investasi. Dia mengingatkan daerah agar tidak hanya bergantung pada sumber pendapatan pajak. Sebab, pajak yang tinggi akan mematikan investasi.

Selain itu, perlu juga membangun sinergisitas antarwilayah dengan mempercepat pengembangan infrastruktur penghubung. “Meliputi pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan keterkaitan kawasan strategis dengan kawasan penyangganya, dan infrastruktur laut dan udara yang dapat menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan serta memperkuat forum kerja sama regional,” kata Yusharto.

Daerah juga perlu meningkatkan konektivitas kawasan untuk memperluas jangkauan layanan dan distribusi melalui penyediaan sarana konektivitas inter dan intrawilayah. Daerah juga penting menyediakan transportasi massal yang mumpuni baik di darat maupun udara untuk membantu mobilitas masyarakat dan distribusi barang maupun jasa. (bkt/rls)

 

Baca Juga : “Mendagri Bersyukur Pemilu 2024 Berjalan Aman dan Lancar”

Puspen Kemendagri