karyajurnal.com

media online

BNN RI Sukses Gelar The 45th of HONLAP  

The 45th of HONLAP 

 

BALI – Pertemuan The 45th of HONLAP resmi ditutup, Jumat (27/10). Pertemuan yang berlangsung selama empat hari di Hotel Kartika Plaza, Bali, tersebut menghasilkan sejumlah rekomendasi dari empat working groups discussion yang telah dilaksanakan.

“Dalam pertemuan HONLAP ke-45 ini terdapat 9 item yang dibahas dan kami membahas hampir semua aspek penanganan narkotika tetapi memang lebih fokus kepada hal-hal yang berkaitan dengan pemberantasan,” ujar Drs. Agus Irianto, S.H., M.Si., M.H., Ph.D., Deputi Hukum dan Kerja Sama BNN RI selaku Chairman.

Pada agenda item 6d misalnya, working groups discussion tentang keterkaitan antara persoalan narkotika dengan lingkungan. Salah satu yang menjadi poin rekomendasi yakni pentingnya melakukan managemen secara holistik dimana pemerintah harus memastikan adanya kolaborasi seluruh pihak yang terkait untuk melindungi lingkungan, menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat dalam kaitannya dengan persoalan narkotika.

“Bersama-sama kemarin kita rumuskan mengenai penanganan narkotika misalnya terkait dengan pemusnahan, karena di banyak negara narkotika memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup, deforestasi, mauapun kualitas udara,” imbuh Chairman HONLAP Ke-45 tersebut.

Kesepakatan Kerjasama Antar Negara

Dalam forum ini juga disepakati bahwa kerja sama antar negara sangat diperlukan dan harus terus dikembangkan, mengingat kejahatan narkotika termasuk dalam transnational organized crime. Oleh karenanya, kerja sama tingkat regional Asia Pasifik ini akan dibawa ke forum yang lebih tinggi, yakni dalam kerja sama antar regional HONLEA.

Menutup pertemuan The 45th of HONLAP, Deputi Hukum dan Kerja Sama BNN RI selaku Chairman mengucapkan terima kasih kepada seluruh delegasi yang telah hadir dan berharap para peserta dari puluhan negara dan organisasi internasional yang hadir dapat menikmati keseluruhan rangkaian pertemuan HONLAP di Pulau Dewata ini.

Para delegasi pun memberikan apresiasi dan pujian kepada Indonesia (BNN RI) yang telah sukses sebagai tuan rumah penyelenggara pertemuan HONLAP Ke-45 ini. Bangladesh, Iran, Thailand, Pakistan, dan China menunjukan apresiasi tersebut dalam forum di akhir pertemuan.

“Saya mewakili pemerintah Thailand memberikan apresiasi kepada seluruhnya, khususnya Indonesia, dan penyelenggaraan pertemuan ini akan memberikan standart baru yang tinggi bagi penyelenggara selanjutnya karena ini sangat luar biasa”, tutup Delegasi Thailand yang disambut tepuk tangan dan tawa para peserta lain. (RIS/RLS)

 

Baca Juga “BNN RI Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Badan Narkotika Cina